Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Ke-13 PNS dan PPPK Dibayarkan Mulai 3 Juni 2024: Rezeki Menjelang Hari Raya


Berita baik menyelimuti para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia. Penantian akan gaji ke-13 akhirnya terjawab dengan dimulainya pencairan pada 3 Juni 2024. Bantuan ini bagaikan oase di tengah gurun bagi para PNS, TNI, Polri, dan pensiunan, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri yang sudah dekat. Pencairan gaji ke-13 ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan para abdi negara dan pensiunan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 15 Tahun 2024 yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada 20 Maret 2024 lalu.

Menurut Dirjen Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmat Arsyad, pencairan gaji ke-13 tahun ini dilakukan lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk membantu para PNS dalam memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya. "Pemerintah ingin membantu PNS dalam memenuhi kebutuhannya, terutama menjelang Hari Raya Idul Adha," ujar Isa.

Gaji Ke-13 PNS Cair Mulai 3 Juni 2024 dan Dilakukan Bertahap

Pencairan gaji ke-13 ini dilakukan secara bertahap, dengan prioritas pertama adalah untuk PNS di instansi pusat, TNI, dan Polri. Selanjutnya, pencairan akan dilanjutkan untuk PNS di daerah. Hingga 4 Juni 2024, tercatat pencairan gaji ke-13 telah mencapai Rp21,12 triliun untuk 8.423 satuan kerja (satker) atau sekitar 61 persen dari total 13.755 satker. Bagi PNS yang belum menerima gaji ke-13, disarankan untuk bersabar dan menunggu pencairan dari instansi masing-masing.

Berikut beberapa poin penting terkait gaji ke-13 PNS:

  1. Besaran gaji ke-13: Besaran gaji ke-13 dihitung berdasarkan gaji pokok, tunjangan melekat, dan tunjangan kinerja.
  2. Syarat penerima: Gaji ke-13 diberikan kepada PNS yang masih aktif bekerja dan pensiunan.
  3. Waktu pencairan: Pencairan gaji ke-13 dilakukan paling cepat pada Juni 2024.
  4. Cara pencairan: Gaji ke-13 ditransfer ke rekening bank masing-masing PNS.

Dampak positif gaji ke-13:

  1. Meningkatkan daya beli masyarakat: Gaji ke-13 diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, terutama menjelang Hari Raya.
  2. Mendorong pertumbuhan ekonomi: Peningkatan daya beli masyarakat dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
  3. Meningkatkan kesejahteraan PNS: Gaji ke-13 merupakan salah satu bentuk penghargaan bagi PNS atas kinerja mereka.

Penutup:

Pencairan gaji ke-13 merupakan kabar gembira bagi para PNS, TNI, Polri, dan pensiunan. Bantuan ini diharapkan dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Posting Komentar untuk "Gaji Ke-13 PNS dan PPPK Dibayarkan Mulai 3 Juni 2024: Rezeki Menjelang Hari Raya"